Pengalaman Lomba Tender Teknik Sipil

Assalamualaikum wr. wb.

Ga kerasa banget udah 2017 aja HAHAHA. Saatnya gue update entri baru yeeyy. Btw, entri pertama gue di blog pas tahun 2011. Tandanya, udah 6 tahun setia gue mengisi blog ini meskipun 2015 gaada entri baru sih.

Yaudah, jadi di entri baru ini, gue mau menceritakan sebuah perjalanan baru gue. Khususnya di bidang yang sama sekali baru dan gue gatau apapun tentang bidang yang lagi jalanin sekarang, yakni di bidang ke teknik sipil an. Meskipun gue udah menjalani kehidupan kampus di jurusan teknik sipil dari 2015. Tapi sampe akhir tahun kemarin pun akhirnya gue baru menemukan sedikit titik cerah. Sedikit loh ya, masih sedikit. Apalagi kalo diitung itung gue masih semester 3 pada akhir tahun kemarin. Intinya sih di postan kali ini gue ingin menceritakan pengalaman lomba tender dan pengalaman panitiaan. 

Langsung aja ke pengalaman lomba tendernya dulu. Nah, kita memulai sesuatu pasti dengan tujuan kan. Pasti ada yang melatarbelakangi kenapa kita mau memulai sesuatu hal tersebut. Begitu juga gue dengan ikut lomba tender itu. Cerita awal mulanya bakal panjang banget ya ini wkwkw. Pada awalnya, gue gaterlalu kepengen ikut-ikut lomba gitu di awal masuk kuliah. Tapi, setelah baru 3/4 bulan masuk kuliah, gue ikut jadi suporter KJI(Kompetisi Jembatan Indonesia) dan KBGI(Kompetisi Bangunan Gedung Indonesia) di univ maranatha, Bandung. Saat itu, gue ikut kesana cuma mau liat gimana sih sipil itu, karena emang bener bener gue gatau sipil itu jurusan apa pas gue pilih jurusan wkwk(yang gue liat pas daftar pnj, cuma liat yang akreditasinya A apaan, adanya sipil yaudah, padahal pernah janji gabakal masuk sipil wkw). Sebenernya gue juga kemakan omongannya senior sih, gara gara dia bilang, kalo gaikut nonton kji kbgi bakal nyesel banget, karena disana seru banget. Dan ternyata emang bener, senior gue ga bohong. Dengan ikutnya gue ke Bandung, meskipun cuma jadi suporter tuh tetep berasa feelnya. Pas pertama kali nyampe lokasi lombanya, jujur aja ya, gue sedikit jiper kalo bisa dibilang. karena, lawannya itu its, itb, ui, ub, polban, undip, dll. Tapi apa yang gue dapet dari senior senior gue yang lomba disana tuh, ya kita gaboleh ngedown, justru hal seperti jiper itu harus dijadikan penyemangat kita. Alhamdulillahnya, sipil pnj bawa dua piala saat itu.  Nah, sepulangnya dari kji kbgi, gue bener bener termotivasi kalau kuliah itu ga penting tempatnya dimana, asalkan pribadinya gimana (MESKIPUN, memang, kebanyakan, tempat kuliah itu menjamin). Tapi, ngga menutup kemungkinan juga kan. Nah, dari situ, gue kepengen ikut kji kbgi untuk tahun 2016nya. Namun, sangat disayangkan, pengumuman kji kbgi simpang siur, awalnya ngga diadain dulu tahun 2016 sama diktinya, tapi ternyata jadi diadain, dengan batas pengumpulan proposal dan pengumuman jadi diadainnya itu deket banget. Jadinya ya boro boro mau ikut, tau apa apanya aja juga belom. Terus sebenernya, gue kepengen jadi crew salah satu tim yang ngirim proposal ke dikti. TAPI, ngga ada yang nawarin gue :( wkwkwk. Padahal yang ngirim proposal lumayan banyak wkwk. Yaudahlah ya, gue mau ga mau harus moveon tuh dari kji kbgi 2016. Gapapa jadi pendengar kabarnya aja gimana, ada yang lolos proposal aja udah seneng banget dengernya. 
Lalu, posisi gue emang lagi kepengen banget ikutan lomba yang bertujuan supaya gue lebih mengenal dunia ketekniksipilan itu kaya gimana sih. Terlebih lagi, gue kan prodi manajemen konstruksi, yang kelak akan menjadi tangan kanannya owner dan atasannya si kontraktor. Masa iya nanti kalo lulus gue cuma mengandalkan materi kuliah dari dosen dan nasehat nasehat senior. Pastinya kan gue juga harus seengganya tau gimana prosesnya meskipun sedikit. Nah, mulai deh, disaat yang lain sibuk ngurusin proposal kji kbgi, gue menemukan brosur lomba civil tender competition di politeknik negeri malang. Lombanya itu jadi, kaya simulasi lu jadi kontraktor gitu, dengan mengaplikasikan materi materinya itu dari manajemen konstruksi. Waktu itu, gue langsung nanyain dulu ke satu temen deket gue, mau ga dia ikutan. dia mau, dan kita cari orang lagi, dan orangnya juga mau, dan akhirnya kita daftar deh. Jadi, isi timnya itu ada gue, diaz sama tya. Nah, kita bertiga itu udh sepakat, kalo kita emang pure nyari pengalaman, bukan karena embel embel kalo menang dapet duit. Jadi, emang dari awal kita sudah mengikhlaskan uang pendaftarannya wkwk.
Setelah proses daftar, yang kita cari itu kating yang tahun sebelumnya ikut wkwk (apa sebelum daftar gitu gue lupa). Dari kating itulah merekomendasikan seorang dosen senior yang baik banget hehe, yaitu pa edi pramono yang pada tahun kemarin kating gue itu juga dosbingnya beliau ini. Kita akhirnya ke pa edi dan pa edi mengiyakan permohonan kita, jadi yaudah deh hehe. Jadi alur lomba tender itu awalnya, setelah daftar, nanti akan diadakan aanwijzing (salah satu tahap dalam sebuah tender dalam memberikan penjelasan mengenai pasal-pasal dalam RKS (Rencana Kerja dan Syarat-Syarat), Gambar Tender, RAB dan TOR)  (jadi, di tahap itu, lu tuh kaya menanyakan hal-hal apa aja yang masih kurang jelas dari tor, rks, boq, gambar bestek, dsb yang udah di kasih setelah pendaftaran. setelah aanwijzing berakhir lu gaboleh menanyakan hal hal lain lagi yang berkaitan dengan tender). setelah beberapa hari, nanti pertanyaannya dijawab deh sama penyelenggara lelang tendernya gitu. Daftar dokumen yang didapet dari panitia lomba waktu itu ada boq, gambar bestek, tor, rks, daftar harga upah alat bahan. Setelah itu, lu kerjain deh soalnya. Soal yang diminta waktu itu ada dokumen teknis yang isinya, (site layout pelaksanaan proyek, struktur organisasi proyek, jadwal kurva s, jadwal alat bahan tenaga kerja, metode pelaksanaan, sistem mutunya, sistem k3l) sama dokumen harga yang isinya (surat penawaran harga, rab, ahsp, sama daftar harga upah alat bahan). Intinya, di lomba ini, pertama kali yang lu kerjain itungan dulu, bikin analisa harga satuan pekerjaannya dulu yang ada di boq tuh apa aja. Baru kalo udah, lu masukin ahsp tersebut ke rabnya dan jumlahin semua  total harga pekerjaan proyeknya jadi berapa. Setelah itu, lu bikin deh kurva snya. setelah bikin kurva s, lu bikin penjadwalannya mau gimana. Sisanya, lu bikin yang dokumen dokumen yang materi gitu kaya rencana mutu, rencana k3l, metode pelaksanaan saat proyek berlangsung gimana, site layoutnya mau gimana, di struktur organisasi yang bertanggung jawab siapa aja, gitu sih intinya. Setelah itu, dikumpulin deh berkasnya. Tunggu deh hasil pengumuman finalis yang lolos seleksi berkas 10 tim siapa aja. kalo lolos ke polinema, dan presentasiin apa yang udah lu buat di proposal dokumen berkasnya.
Jujur, sebelum ngerjain lomba ini, kita bertiga gaada yang paham sama sekali apa yang harus dikerjain dulu. Bahkan, kita aja tuh mulai pengerjaannya h-2 minggu. Padahal soal udah bisa dikerjain dari h-sebulan pengumpulan. Kenapa kita mulainya h-2 minggu? karena kita gatau yg dikerjain apa dan kita ngga nanyain ke bapak edi. Alhasil, setelah sisa 2 mingguan kurang, kita baru kelabakan wkw. Disaat kita kelabakan, dan masih gatau apa-apa, pa edi tuh selalu ada buat kita (cieelah). Beliau setiap kali kita ngerti apa ngga, pasti kita jawab ngga ngerti, dan pa edi cuma bilang "yah, mampus udah" udah begitu aja. setiap kali kita gatau wkwk. Tapi, selalu dibarengi dengan beliau menjelaskan, mengajarkan, membimbing kita harus apa, gimana, ngerjain apa, dll. Pokonya intinya, selama h-1 minggu kita bertiga selalu ngebuat pa edi pulang malem terus, dan selalu ngebuat pa edi ngereschedule jadwalnya beliau. Kita bertiga sama pa edi masang targetnya, yang penting lolos aja dulu ke malang. Mau ga menang ngga papa, mau menang pun bonus. Setelah beberapa kali bimbingan, akhirnya kita cuma bisa ngasih bapaknya makanan, yang nggak seberapa harganya. Tapi keesokan harinya, pa edi malah ngasih kita bertiga pastan(yang hijaber tau kayanya), dengan ngomong intinya kaya gini "dipake ya, buat presentasi". Juga beliau pernah bilang, kalo presentasi nanti gini gitu, dsb. PADAHAL saat itu, masih banyak yang belum dikerjain wkwk. Itu yang ngebuat kita gaenak sama beliau. Kita bertiga takut ngecewain bapaknya wkwk. Padahal kita bertiga udah mau hopeless aja ngga usah jadi ngirim proposalnya(gue doang apa ya wkwk). Tapi, yaudah, karena kita gamau ngecewain bapak edi, ya tetep kita kerjain hingga tetes keringat terakhir wkwk. sampe h-3 hari ngumpulin, kita itu nginep bertiga terus (untungnya si diaz, udah pindah kosan ke kosan gue) dan sampe kita bertiga sempet ngga tidur (atau tidur ayam ayam gitulah) karena saking dikejar deadline. Pas h-semalem, kita ngirim akhirnya, dan cuma bisa berdoa ajadeh. Karena kan ikhtiarnya udah sebisa kita, tinggal doa supaya yang penting lolos aja dulu wkwk. eeh alhamdulillahnya, lolos wkwk. 









Jam udah menunjukkan pukul 20.30. Padahal gue ngetiknya dari maghrib wkwk ga kelar kelar. Belom makan juga dan kayanya udah kepanjangan banget postnya wkwk. Yaudah, jadinya sampe segitu aja dulu, sisanya nanti dilanjut ke part 2. 
Kurang lebihnya mohon maaf yaw
Wassalamualaikum wr. wb.

Comments

Popular Posts