My Worst Habit - Insomnia. Penyakit atau Kebiasaan?

Assalamu'alaikum readers..

sebelumnya, julpa disini menngucapkan Selamat Menunaikan Ibadah Puasa bagi umat muslim yang menjalankan. semoga di bulan istimewa dan penuh berkah ini kita semua diberi banyak rezeki oleh Allah Yang Maha Esa yaaaaaa.... aamiin yarabbal alamin o:)

oke, ini postingan julpa buat, selagi nungguin Belanda main (oke masih lama sebenernya) hehe.. daaaaan, julpa pasti bakalan dukung negara impian *halah* wkw yaitu, German dan Belanda. kenapa impian? mungkin lain kali dipostnya tentang German-Belandadan hal-hal berkaitan negara-negara luar beserta misteri yang ada di dalamnya (?)

*to the real topic*

postingan kali ini, sesuai judul.. julpa akan membahas tentang insomnia.
yaaaaa, as far as kebanyakan orang tau tentang insomnia, itu adalah penyakit susah tidur. jadi, actually, (sumber credit di bawah ya) Insomnia adalah gejala kelainan dalam tidur berupa kesulitan berulang untuk tidur atau mempertahankan tidur walaupun ada kesempatan untuk itu. Gejala tersebut biasanya diikuti gangguan fungsional saat bangun. Insomnia sering disebabkan oleh adanya suatu penyakit atau akibat adanya permasalahan psikologis. Dalam hal ini, bantuan medis atau psikologis akan diperlukan. Salah satu terapi psikologis yang efektif menangani insomnia adalah terapi kognitif. Dalam terapi tersebut, seorang pasien diajari untuk memperbaiki kebiasaan tidur dan menghilangkan asumsi yang kontra-produktif mengenai tidur.

penyebab insomnia ada beberapa, 
  • Jet lag 
  • Bekerja pada malam hari.
  • Sering berubah-ubah jam kerja.
  • Penggunaan alkohol yang berlebihan.
  • Efek samping obat (kadang-kadang).
  • Kerusakan pada otak (karena ensefalitis, stroke, penyakit Alzheimer).
untuk pengobatannya, Penderita insomnia hendaknya tetap tenang dan santai beberapa jam sebelum waktu tidur tiba dan menciptakan suasana yang nyaman di kamar tidur; cahaya yang redup dan tidak berisik.
Jika penyebabnya adalah stres emosional, diberikan obat untuk mengurangi stres. Jika penyebabnya adalah depresi, diberikan obat anti-depresi.
Jika gangguan tidur berhubungan dengan aktivitas normal penderita dan penderita merasa sehat, bisa diberikan obat tidur untuk sementara waktu. Alternatif lain untuk mengatasi insomnia tanpa obat-obatan adalah dengan terapi hipnosis atau hipnoterapi.



Nah, itu tadi ulasan mengenai insomnia yang diambil dari http://id.wikipedia.org/wiki/Insomnia 
sekarang, saatnya julpa menceritakan pengalaman insomnia gue..

jadi, mulai dari sekitar 3-2 tahun lalu, gue mulai kembali berhubungan dengan gadget atau semacam elektronik yang bisa membuat gue ketagihan (read: pc/laptop). sebelum 3-2 tahun lalu, gue dari sd emang udah keranjingan elektronik yang disebut komputer. gue kenal komputer sekitar kelas 3 apa kelas 4 sd gitu. gue mulai kecanduan kompi gara-gara permainan permainan offline yang diinstal dari kaset cd semacamnya yang bisa dibeli di abang-abang tukang kaset etc. lah.. pernah juga sih gue beli pas di glodok yang banyakan wkw. nah, beberapa permainan yang bikin gue ketagihan diantaranya, the sims, gta, zoo tycoon, build a lot, dan masih banyak lagi kaya dash game dll. nah, dengan gue ketagihan game game itu, gue bisa main lebih dari 5 jam lebih nonstop perhari. bahkan, kalau ibu bapak gue ngamuk atau engga kakak gue minta gantian, gue bisa nonstop itu yang namanya pantengin monitor dari pagi sampe malem. paling berenti sebentar kalo sholat makan mandi atau engga disuruh sebentar kemana. jadi, readers bisa bayangin gimana gue udah se-keranjingan-nya sama kompi pada saat gue masih kecil. 

lanjut cerita, jadi pas kelas 5 sd, kompi gue dengan sangat mendadak, dia engga bangun-bangun lagi (read: rusak). padahal cuma karena kabelnya kesenggol kenapa gitu, pas lagi disapu lantai deket kabel-kabel kompi gue. jadilah, alhasil, gue berfikir, disaat itu merupakan hari dimulainya hari tanpa permainan enak lagi wkkw. *abaikan kalimat barusan*  udah deh tuh, mulai dari itu gue udah engga calling-callingan(?) sama kompi dkk. sampai gue kelas 7, dibeliin deh tuh notebook seperangkat alat sholat (read: modem) oleh bapake tercinta. akhirnya, gue bisa melepas masa jones gue kan tuh, setelah gue putus mendadak pas kelas 5 dengan kompi tercinta (?) mulai saat itu, yang jelas, seorang zulfa mulai deh semakin lama setiap hari, jam tidur makin kurang. hanya dikarenakan gue berselancar di dunia internet. rekor gue gatidur gara gara notebook beserta modem itu selama smp yang paling gue inget, pas bulan ramadhan, gue gatidur seharian sampe besoknya jam 9 pagi gue baru tidur lagi. dan, sampe sekarang, gue kelas 11, gue semakin lama khawatir (pake banget) sama kondisi gue yang mengkhawatirkan kalo gue lagi kencan bertigaan sama laptop sama modem. gatau kenapa, gue paing gabisa inget waktu kalo udah internetan. 

tapi, cuma ada beberapa hal, yang bisa banget bikin gue berhenti buat gangalong (read: ganginsom)
1. gue bener bener lagi capek bangeeeeeeeeeet
2. gue lagi bener bener fokus sama tugas sekolah
3. modem abis (wkwk. kalo ini jelas banget)
4. gue udah pusing pake banget
5. ortu udah tereak dengan muka garang buat nyuruh gue tidur wkwk

yaaa, udah banyak pake banget orang yang ngingetin gue buat ga ngalong lagi. tapi ya, setiap gue ngalong internetan itu tuh sebenernya inget waktu. CUMAANNNN, wkw masih kadang ngaretin waktu aja.. tapi kalo emang udah keburu banget tidur, ya bakalan tidur cepet sih..

okedeeeh, itusih ulasan tentang insomnia dan curhatan tentang gue bersama ngalong.. 
semoga info dan hikmahnya bisa diambil dari post ini.. aamiin
wassalamu'alaikum wr.wb.

Comments

Popular Posts