Palang Merah Remaja SMPN 1 Tambun Selatan (PMR Shatam)

assalamualaikum,
sore ini, di tengah tengah cuaca yang dingin sehabis hujan, karena nothing to do di kosan, yang niat awalnya mau nonton film atau nyalin mekanika teknik batal dikarenakan hati gue(ceelah) tergerak buat ngecek-ngecek foto-foto lama. biasa, orang baper yang susah moveon.

setelah sekian banyak foto yang gue liat liat, gue ngebuka folder pmr shatam di salah satu folder folder lainnya. dan isi foldernya itu terdapat banyak folder-folder yang berisikan folder-folder lagi dan begitu sampai postingan ini kelar wkwk. ngga ngga, jd ya emang di satu folder ada beberapa folder yang isinya foto-foto jadul. jadul bangeeeet. ngga juga sih sebenernya, baru 3 tahun berlalu setelah gue lulus dari smp tahun 2013. 

jadi, pmr shatam itu yang udah pernah ue bilang di post lomba lkkp, pmr shatam bener-bener sebuah keluarga, yang ngangenin. gue belajar banyak dari pmr shatam. mulai dari junior, gue harus dateng tepat waktu dan harus mengecamkan aturan bahwa senior selalu benar wkwk. tapi jujur, jadi junior itu asik. seorang temen deket maya gue yang di singapur pernah bilang, kita gabakal bisa jadi senior tanpa melewati masa junior, dan kita gaakan bisa jadi dewasa sebelum kita ngelewatin semua masalah, dia juga ngomong kalo yang harus kita lakuin ya enjoy aja, pasti seru ko. 

awalnya, pas smp gue gaada niat sekalipun di pmr. gue awalnya mau masuk paskibra shatam karena emang demo mereka kerennya minta ampun. namun, pas lagi masuk kelas pertama, yang masuk paskibra dari murid baru langsung 2 kelas full. dan gue bingung karena gue takut gara-gara udah telat dan karena gue gaterlalu kenal siapa-siapa temen sekelas gue yang mau masuk paskibra. terus, gue ngeliat, ada anak-anak baru ngumpul di depan dpr yang gue pikir itu paskibra, yaudah gue masuk ke barisan itu, dan ternyata pmr. hahaa. yaudah sejak mulai didata ya awalnya gue enjoy-enjoy aja, karena lumayan banyak temen sekelas yang gue kenal deket masuk pmr. tapi, sampe akhirnya, gue cuma jadi satu-satunya anak kelas 7d yang di pmr. waktu itu pmr angkatan gue juga udah menipis orangnya, yang tadinya ada ratusan, cuma tinggal puluhan atau belasan. hal itu berlaku juga di ekskul yang lain. gue pas jaman-jaman gue sendiri awalnya gaenak, karena gaada satu orangpun yag sekelas sama gue, jadi ya sering ngerasa beda topik gitu, apalagi pas udah jaman-jaman penghabisan orang di angkatan, terakhir cuma ada gue ; anggun fira mucaw sita(yang tergabung di madhfint) ; ratih momon eci arep (yang tergabung di hachikumidamida) dan ya terkadang gue sering out of planet, dan gue suka kepikiran apa gue keluar aja ya dari pmr. tapi, seiring waktu berjalan, gue udah terlalu cinta sama bambu dan tambang(ini lebay yha). dan terus, karena emang gue termotivasi binggo sama kaka-kakak tandu pp mading yang udah sering banget bawa pulang piala, kecuali satu kategori, yaitu tandu putri. lagipula jadi anak pmr itu menghasilkan manfaat ko. lo jadi tau gimana nanganin orang pingsan, yang sampe sekarang masih gue inget, terus seru kalo ngeliat anak pp latihan, bawaannya pengen bisa ngomong casciscus gitu kaya kereta api. tapi ya apa bole buat, gue anaknya paling gasuka hafalan dan gasuka teori dan ya akhirnya itu yang membuat gue jadi anak tandu wkw. 

jadi, dulu tuh kalo di sela-sela latihan anak tandu, pasti gue ke anak pp pas lagi gulung tambang, ngedengerin mereka solving problem kasuk-kasus, dan gue juga masih inget gimana prosedur rjp alias resusitasi jantung dan paru. yang paling gue suka dari jaman-jaman latihan buat lomba tuh pulang malemnya, kadang di ruangan pmr sampe maghrib, terus bercanda barengnya, terus ngedengerin keluhan keluhan atas nama "tetangga" yang ngebikin pmr makin solid haha. terus kalo lagi dengerin aa ngomong. oiya, lupa, jadi aa itu sebutan anak pmr buat pelatih kita, namanya ade suhada, dan karena emang orang sunda jadi dipanggil aa. aa itu ngajarin pmr terutama angkatan gue, yang isinya cewe semua ber9-kaya sonyoeshidae dengan baik banget. dan aa itu bisa ngebaca garis tangan guys!! hal yang paling gue bikin penasaran wkakaka. dari tahun kedua gue smp, tahun 2011 gue udah dibacain garis tangannya sampe tahun lalu, 2015 setahun sekali katanya wkw. jadi, di garis tangan itu, buat orang yang aktif make tangan kanan, tangan kirinya akan terdapat semacam garis-garis tangan buah hasil pemikiran kita, masalah yang lagi kita pikirin. bisa berupa tentang keluarga, tentang cinta-cintaan, tentang pelajaran, tentang yaaa pokonya apa aja. karena gue orangnya yang paling suka akan menguak-nguak tentang masa depan atau masa sekarang atau yang kebenaran akan orang yang membaca diri gue jadi yaaa seru aja wkw.

di pmr pas junior gue inget banget dieval kalo jaman dulu smp namanya kayanya bukan eval sih, lupa gue wkwk apa emang eval, haha entahlah. pokonya sering banget lah, makanan hampir tiap minggu. terus jaman jamannya masih rada takut buat ngobrol bercanda sama kakak kelaas. pas udah ke kelas delapan, mulai deh, ikut jadi bagian penjaga barisan upacara, yang biasanya ikut di barisan padus bu demse, jadi ikut barisan pmr setiap senin haha. terus hampir setiap sore ngumpul ke ruang pmr, juga mulai jadi seniornya kelas 7 tapi masih tetep dibawahnya kelas9. jaman-jaman itu juga aktif-aktifnya latihan. mulai deket sama kaka kelas dan ya ternyata mereka asik-asik. beruntungnya lagi, kaka kelas gue orangnya unik, gila-gila, dan ya orangnya santai semua. karena waktu itu, yang masih sering aktif banget yang kaka kelas lakinya(apalagi banyak anak tandu) ya jadis sering main di mixmatch gitu, jadi kalo kebagian kaka kelas yang dewa (read: bang firman) dan demigod(read: kadio) (tapi gasejago bang firman sih tetep wkwkw jadi main tandunya tuh bener-bener harus cepet terus bener, ya sama kaka kelas tandu yang lain juga gitu sih, abisnya mereka kan udah lebih berpengalaman jadi ya kadang bawaan mental kalo ketinggalan jauh sama partner yang mixmatchnya itu haha. dan ya beberapa dari mereka-mereka enak dijadiin tempat curhat! hahaha jujur gaboong. meskipun merekanya itu cowo-cowo, tapi yaa enak aja dijadiin tempat curhat wkwk, ada yang curhatannya tentang gue galau siapa yg jadi partner tandu gue, ada juga yang tentang gue suka sama temennya, ada juga yang tentang ledekan kakak kandung gue, ada juga yang tentang "tetangga" yang mengacau dan masih banyak lagi deh curhatannya. dan pas jadi senior tertua(read: kelas 9) gue ngerasa punya banyak adek. adek-adek gemay yang perhatian, yang lucu, yang polos, yang nakal, yang kadang ngeselin yang macem-macem tingkahnya. dan dimana kita harus siap ngebimbing adek-adek, harus bikin mereka semangat terus, mikirin games yang bakal diadain biar gabosen, terus jadi tempat curhat mereka yang galau-galau. lucu pokonya deh semua pengalaman yang gaada harganya itu. 

pengalaman lomba pertama kali lkkp sama syifa, yang bikin gue nangis dan timbul perasaan sesuatu gitu haha. terus lomba di avicenna, yang masih bikin gue penasaran kapan menang bawa piala, yang sebelum lombanya itu, boneka bls(YANG HARGANYA 15 JUTA, YANG PUNYA CUMA KABUPATEN BEKASI) rusak yang ternyata cuma gara-gara hilangnya per di bagian bawahnya, yang bikin nangis se pmr wkw dan ALHAMDULILLAH banget ternyata fixed dengan sempurna lg seperti sedia kala.  trs lomba di 21 bekasi yang bikin gue gregetan sama jurinya yang merendahkan gue sama anggun banget dan titik tekad harus menang. lomba di jap, piala for the first time yang tiba-tiba jatoh sama ona(read:dede gemay yang kocak) yang bikin itu priceable banget. trs lomba di ugb dan di smp5(read:"MB") lomba di sukawangi, yang pas pulang nyasar dulu ke sukatani padahal udh malem-malem wkw akhirnya jam set.10 baru nyampe rumah :"") trs lomba di avicenna lg, yang niatnya cuma nganterin bocah-bocah lomba trs ikutan lombanya lg yang padahal gaada latihan sebelum mainnya karena emang gue gaberniat lomba wkwk. 

pmr itu salah satu pengisi kekosongan hari-hari gue di shatam. yang bikin gue susah moveon sampe skrg, kadang kangen jaman-jaman bocah itu. kangen ngumpul depan lapangan setiap menang lomba( yang bikin harunya itu, yang maju ya semua anak pmr, mau dia ikut lomba-menang-kalah-gaikut lomba, pokonya semuanya maju, dan setiap maju pasti rusuh :") 

ya begitulah, kehidupan pmr yang gue alamin di shatam, yang setiap inchi kejadiannya masih beberapa ada di memori long term  gue, yang susah dituangin ke kata-kata yang kadang kalo inget bikin senyum-senyum sendiri. dan gabakal gue lupain. makasih banyak, buat aa ade dan ciwai-ciwai angkatan 13ku(yang cewe semua yang paling banyak makan yang paling rempong yang paling cerewet), makasih buat kakak kakak senior, dari alumni atas banget sampe atas setahun, makasih buat adek-adek gemayyy dari yang dibawah setahun sampe yang terakhir gue ketemu angkatan 16 wkw, yang angkatan paling baru-baru gue belum ketemu hahaha. makasih ya udah nerima zulfa jadi bagian pmr *acikuik

ya mungkin segitu dulu cuapcuapnya,
dari kamar kos putri wisma gemilang nomor 9, Depok
Wassalamualaikum n_n

Comments

Popular Posts