Entah hehe

Assalamualaikum!
Selamat malam bagi yang membaca post ini di malam hari🙋

Apa yang akan jiwa dan hati kita rasakan setelah kita merasakan kematian?
Pernahkah sekali saja kalian memikirkan itu?

Saya baru sekali ini saat mandi tadi memikirkan hal tersebut secara serius.
Baru sekali ini hati saya merasakan bimbang sangat tak karuan.
Baru sekali ini saya benar-benar memikirkan serius hal tersebut dengan sebuah pengandaian yang telah terjadi.

Pasti kalian pernah merasakan ingin kembali ke masa lalu. Baik itu ke masa balita, sd, smp, sma, kuliah, kerja maupun masa masa yang menurut kalian dapat merubah masa yang kalian jalani sekarang. Manusia tidak akan pernah merasa puas atas masa yang telah kita lewati. Semua manusia pasti ingin kembali ke masa lalu untuk mendapatkan hal yang sekiranya berarti namun terlewatkan atau tidak dapat dicapai di masa lampau maupun di masa ia merasa ingin kembali ke masa lalu.

Apakah setelah kita mengalami kematian kita akan hilang begitu saja? Atau setelah kita meninggal kita akan hidup di mana?
Dalam pelajaran agama islam sendiri, saya telah diajarkan, setelah meninggal manusia akan ditempatkan di alam kubur, baru setelah kiamat kita akan dibangkitkan kembali dan dikumpulkan di padang mashyar. Lalu ke alam akhirat (kurang lebihnya tahapan alam ini, mohon dimaafkan, saya tidak membahas detil).
Begitu juga pengandaian saya akan setelah manusia merasakan kematian.

Kemudian saya beranggapan begini (ini hanya pengandaian saya saja, mohon maaf jika pengandaian saya merupakan sesuatu yang salah), anggap saja di alam dunia sekarang ini kita sedang di masa SD, alam kubur adalah masa SMP, lalu alam akhirat SMA atau kerja atau masa hidup kita di dunia yang lain.
Jika pada saat kita SMP atau SMA kita menyesal atas sesuatu yang kita lakukan atau yang tidak kita lakukan saat di SD atau SMP, pasti kita ingin kembali ke masa lalu untuk memperbaikinya. Begitu juga dengan hidup kita di alam dunia ini, semua manusia pasti tidak akan pernah puas apapun itu yang telah dicapainya atau yang telah dilakukannya, semua manusia pasti ingin berbuat lebih baik lagi.
Tapi, terlepas sebesar apapun rasa ingin tersebut, manusia hanyalah manusia, seperti saya yang menulis ini, meskipun terfikir saya akan menyesal di kemudian masa, pasti saya akan melakukan kesalahan baik yang disengaja maupun tidak (atau ini bisa jadi hanya saya saja (?)).

Selama setahun ini sering sekali saya merasa seperti melayang-layang, tidak berada di alam sadar saya, dan saya sering menangisi apa yang telah saya lakukan maupun menangisi hal-hal yang belum atau tidak terjadi. Semuanya karena rasa takut. Apa yang akan saya rasakan setelah saya tidak berada di alam dunia lagi, apa yang akan terjadi kepada saya maupun kepada yang berharga bagi saya nantinya, Wallahualam. Saya tidak pernah tahu. Saya juga masih belajar untuk mengantisipasi rasa kecewa saya terhadap diri saya sendiri di kemudian masa nanti.
Mungkin sekiranya itu saja yang sedang berada di fikiran saya malam ini yang menurut saya, hal ini perlu saya bagikan menjadi entri baru dalam blog ini.

Akhir kata, Wassalamualaikum. 


Comments

Popular Posts